Langsung ke konten utama

Analisa Proses Pembangkit Daya Listrik Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ) Bili-bili

BAB I I

Energi Air
Air merupakan sumber energi yang murah dan relatif mudah didapat, karena pada air tersimpan energi potensial (pada air jatuh) dan energi kinetik (pada air mengalir). Tenaga air (Hydropower) adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. Energi yang dimiliki air dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam wujud energi mekanis maupun energi listrik. Pemanfaatan energi air banyak dilakukan dengan menggunakan kincir air atau turbin air yang memanfaatkan adanya suatu air terjun atau aliran air di sungai. Sejak awal abad 18 kincir air banyak dimanfaatkan sebagai penggerak penggilingan gandum, penggergajian kayu dan mesin tekstil. Memasuki abad 19 turbin air mulai dikembangkan.

Besarnya tenaga air yang tersedia dari suatu sumber air bergantung pada besarnya head (tinggi jatuh air) dan debit air. Dalam hubungan dengan reservoir air maka head adalah beda ketinggian antara muka air pada reservoir dengan muka air keluar dari kincir air/turbin air. Total energi yang tersedia dari suatu reservoir air adalah merupakan energi potensial air yaitu :
 ........................................................................... (1.1)
dengan
            Ep adalah energi potensial
m adalah massa air
h adalah head (m)
g adalah percepatan gravitasi
Daya merupakan energi tiap satuan waktu , sehingga persamaan (1.1) dapat dinyatakan sebagai :
Dengan mensubsitusikan P terhadap  dan mensubsitusikan  terhadap  maka :
 ........................................................................ (1.2)
dengan
P adalah daya (watt) yaitu
Q adalah kapasitas aliran
adalah densitas air  
Selain memanfaatkan air jatuh hydropower dapat diperoleh dari aliran air datar. Dalam hal ini energi yang tersedia merupakan energi kinetik
 ........................................................................ (1.3)
dengan
            Ek adalah energi kinetik
v adalah kecepatan aliran air
Daya air yang tersedia dinyatakan sebagai berikut :
 ..................................................................... (1.4)
atau dengan menggunakan persamaan kontinuitas   maka
 ...................................................................... (1.5)
dengan
A adalah luas penampang aliran air

2.2.  Generator
Suatu pembangkit listrik baik itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas ( PLTG ), Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ), dan Pembangkit Listrik Tenaga Air itu membutuhkan generator di mana generator di sini berfungsi untuk menghasilkan listrik, seperti halnya Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ) Bili-bili yang memiliki dua generator untuk membangkitkan daya listrik.
Generator adalah sebuah mesin listrik yang dapat mengubah daya mekanis menjadi daya listrik. Jika sepotong kawat terletak di antara kutub-kutub magnet, kemudian kawat tersebut kita gerakkan, maka di ujung kawat itu timbul gaya gerak listrik karena induksi, dari teori dapat di tentukan dengan persamaan:

P = g x Q x h x  

Dimana :
            g = grafitasi bumi                                         m/s
            Q = debit air                                                   m                    
            h = tinggi jatuh air                                        m3/s
              = Efesiensi dari PLTA Bili-bili  0,97     
            P = Daya                                                        kW

        Arah GGL tersebut adalah sesuai dengan kaidah tangan kanan di mana apabila Bila tangan kanan dipampang sedemikian rupa hingga garis-garis fluks jatuh pada telapak tangan dan ibu jari menunjukan ke arah gerakan (penyebab) maka jari-jari yang lain menunjukkan arah GEM 
Gambar 1.1

        Dari gambar di atas menjelaskan bahwa kalau arah gerak kawat di balik maka arah GGL juga membalik. Gelombang yang dihasilkan generator dalam bentuk pulsa, GGL induksi yang timbul di ujung-ujung kumparan seperti di tunjukkan pada gambar di bawah ini.
 




Gambar 1.2.

        Untuk mengalirkan GGL induksi bolak-balik di ujung-ujung kumparan armatur ke beban generator, dipakai dua cincin yang ikut berputar dengan kumparan, dan pada cincin dipasang sikat arang yang tidak ikut berputar dengan putaran tersebut. Lihat pada gambar


Gambar 1.3

Sedangkan GGl yang selalu berubah-ubah serta tegangan yang berubah-ubah secara periodik disebut tegangan bolak-balik dan arus yang mengalir disebut arus bolak balik.



Gambar 1.4.
            Maka dengan teori ini menunjukkan bahwa arus yang ditimbulkan oleh generator adalah arus bolak-balik (arus DC).



2.3. Turbin air
Turbin air dikembangkan pada abad 19 dan digunakan secara luas untuk pembangkit tenaga listrik.. Turbin air mengubah energi potensial air menjadi energi mekanis. Energi mekanis diubah dengan generator listrik menjadi tenaga listrik. Berdasarkan prinsip kerja turbin dalam mengubah energi potensial air menjadi energi mekanis, turbin air dibedakan menjadi dua kelompok yaitu turbin impuls dan turbin reaksi. 

Penggunaan turbi pada PLTA Bili-bili yaitu turbin Kaplan ini di karenakan aliran aksial atau tinggi aliran air terjun yang relatif rendah. 
Adapu macam-macam turbin ialah :

             
1. Turbin Kaplan
Turbin Kaplan  merupakan turbin rekasi aliran aksial. Turbin ini tersusun dari propeller seperti pada perahu.. Propeller tersebut biasanya mempunyai tiga hingga enam sudu.
Turbin kaplan digunakan untuk tinggi terjun yang rendah, yaitu dibawah 20 meter. Teknik mengkonversikan energi potensial air menjadi energi mekanik roda air turbin dilakukan melalui pemamfaatan kecepatan air. Roda air tubin Kaplan  menyerupai baling-baling dari kipas angin. 

2  Turbin Impuls
Energi potensial air diubah menjadi energi kinetik pda nozle. Air keluar nozle yang mempunyai kecepatan tinggi membentur sudu turbin. Setelah membentur sudu arah kecepatan aliran berubah sehingga terjadi perubahan momentum (impulse). Akibatnya roda turbin akan berputar. Turbin impuls adalah turbin tekanan sama karena aliran air yang keluar dari nosel tekanannya adalah sama dengan tekanan atmosfir sekitarnya. Semua energi tinggi tempat dan tekanan ketika masuk ke sudu jalan turbin dirubah menjadi energi kecepatan.

3. Turbin Pelton
turbin pelton merupakan turbin impuls. turbin pelton terdiri dari satu set sudut jalan yang diputar oleh pancaran air yang di semprotkan dari satu atau lebih alat yang disebut nosel. turbin pelton adalah salah satu jenis turbin air yang lebih efisien. turbin pelton adalah turbin yang cocok digunakan untuk head tinggi 







Gambar 1.7 
Turbin Pelton dengan banyak nozle
Turbin Pelton untuk pembangkit skala besar membutuhkan head lebih kurang 150 meter tetapi untuk skala mikro head 20 meter sudah mencukupi.



4  Turbin Turgo
Turbin Turgo dapat beroperasi pada head 30 s/d 300 m. Seperti turbin pelton turbin turgo merupakan turbin impulse, tetapi sudunya berbeda. Pancaran air dari nozle membentur sudu pada sudut 20 o. Kecepatan putar turbin turgo lebih besar dari turbin Pelton. Akibatnya dimungkinkan transmisi langsung dari turbin ke generator sehingga menaikkan efisiensi total sekaligus menurunkan biaya perawatan




Gambar 1.8. 
Sudu turbin Turgo dan nozle


5  Turbin Crossflow
Salah satu jenis turbin impuls ini juga dikenal dengan nama Turbin Michell-Banki yang merupakan penemunya. Selain itu juga disebut Turbin Osberger yang merupakan perusahaan yang memproduksi turbin crossflow. Turbin crossflow dapat dioperasikan pada debit 20 litres/sec hingga 10 m3/sec dan head antara 1 s/d 200 m. 


Turbin Zcrossflow menggunakan nozle persegi panjang yang lebarnya sesuai dengan lebar runner. Pancaran air masuk turbin dan mengenai sudu sehingga terjadi konversi energi kinetik menjadi energi mekanis. Air mengalir keluar membentur sudu dan memberikan energinya (lebih rendah dibanding saat masuk) kemudian meninggalkan turbin. Runner turbin dibuat dari beberapa sudu yang dipasang pada sepasang piringan paralel.
 




Gambar 1.10.  Turbin Crossflow

6.  Turbin Reaksi
            Sudu pada turbin reaksi mempunyai profil khusus yang menyebabkan terjadinya penurunan tekanan air selama melalui sudu. Perbedaan tekanan ini memberikan gaya pada sudu sehingga runner (bagian turbin yang berputar) dapat berputar. Turbin yang bekerja berdasarkan prinsip ini dikelompokkan sebagai turbin reaksi. Runner turbin reaksi sepenuhnya tercelup dalam air dan berada dalam rumah turbin.

7.  Turbin Francis
Turbin francis merupakan salah satu turbin reaksi. Turbin dipasang diantara sumber air tekanan tinggi di bagian masuk dan air bertekanan rendah di bagian keluar.  Turbin Francis menggunakan sudu pengarah. Sudu pengarah mengarahkan air masuk secara tangensial. Sudu pengarah pad turbin Francis dapat merupakan suatu sudu pengarah yang tetap ataupun sudu pengarah yang dapat diatur sudutnya. Untuk penggunaan pada berbagai kondisi aliran air penggunaan sudu pengarah yang dapat diatur merupakan pilihan yang tepat.


 




Gambar 1.10. 
Turbin Francis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Dan Bahan Pembuatan Biogas Sederhana

Pada tahap ini dilakukan pembelian peralatan yang dibutuhkan untuk membuat rektor ini, peralatan tersebut antara lain: Volume reaktor (plastik) : 300 liter Besi Siku, Mur & Baut : 10 buah Kompresor : 1 buah Pengaman gas (Regulator) : 3 buah Selang saluran gas : + 10 m Kebutuhan bahan baku : kotoran ternak dari 2-3 ekor sapi/ kerbau, atau 6 ekor babi. Roda : 5 buah Tabung LPG : 3 tabung ukuran kecil Rangkaian Elektrik Pada bagian ini dilakukan pembelian komponen elektronika yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian elektriknya, peralatan tersebut antara lain: Solder & Pasta Solder : 2 buah Cutter : 1 buah Multi Meter : 1 buah Bor PCB : 1 buah Gunting : 1 buah Tang Potong : 1 buah Penyedot Timah : 1 buah Timah : 5 buah Pemasangan Reaktor Biogas Serta Pembuatan Rangkaian Elektrik Pada pemasangan reaktor biogas dan pembuatan rangkaian elektrik ini adapun langkah – langkahnya antara lain sebagai berikut:   Pembuatan reaktor, menggunakan pla

Membuat Traffic Light 3 Simpang Menggunakan Aplikasi PLC Zelio

Perkembangan teknologi dari tahun ketahun selalu mengalami pengembangan, contohnya saja teknologi otomasi, atau system pengontrolan baik itu di industry maupun di rumah kita sendiri, mengontrol alat elektronik secara otomatis sudah bisa kita rangkai dengan mengunakan teknologi mikrokontroller, seiring perkembangannya. Ditemukanlah suatu teknologi yang paling sederhana dan mudah digunakan baik itu yang ahli maupun yang belum. Tekonologi otomasi ini sering disebut Programmable Logic Controller (PLC). Nah, sekarang kita akan mengaplikasikannya dengan mengontrol lampu lalu lintas (traffic light). Disini kita akan merancang traffic light 3 simpang seperti gambar dibawah ini.  Nah, gak perlu berlama-lama, kita langsung membuat rangkaiannya dengan menggunakan aplikasi PLC. Disini kita akan memakai PLC zelio. Langkah pertama buka aplikasi zelio yang telah terinstal pada laptop/PC anda seperti gambar dibawah. Klik “create new program” untuk memulainya Setelah mengklik “create new program”

Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air

cara membuat listrik tenaga air Listrik tenaga air - Listrik adalah kebutuhan yang sangat  dibutuhkan oleh semua manusia. Hampir semua manusia yang hidup di dunia ini menggunakan listrik untuk membantu kehidupan sehari-hari. Dengan adanya listrik maka saat ini kita bisa mendapatkan penerangan di malam hari. Serta banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh atas adanya listrik listrik itu sendiri, dari penggunaan yang membantu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga hingga sebagai sumber informasi dan alat komunikasi. Dibeberapa wilayah indonesia masih banyak daerah yang belum bisa menikmati manfaat dari listrik karena PLN sebagai pemasok listrik di indonesia masih belum bisa menjangkau daerah tersebut. khususnya di wilayah timur indonesia.   Guna memenuhi kebutuhan listrik di daera-daerah yang masih belum mendapatkan listrik dari PLN sebaiknya bisa membuat pembangkit sendiri secara sederhana. Ada banyak sekali pembangkit listrik yang bisa dijad