Langsung ke konten utama

Komponen penyusun Laptop dan Fungsinya

Power Adapter AC/DC

Power Adapter AC/DC memungkinkan anda untuk mengkonversi daya AC bertegangan tinggi dari sumber listrik utama ke daya DC bertegangan rendah yang tersedia pada laptop.

Main Battery (Baterai Utama)
Fungsi dari baterai disini sangat penting karena baterai disini berfungsi sebagai catu daya ke laptop, sehingga kita tidak selalu mengandalkan listrik dari steker dan dari sinilah fungsi laptop sebenarnya yakni sebagai gadget yang portable. Daya tahan baterai laptop tergantung pada berbagai kondisi dan keadaan misalnya: pengaturan kecerahan layar, intensitas program berjalan, suhu lingkungan kerja, dll.

CMOS Battery / RTC Battery
Setiap laptop pasti memiliki baterai CMOS juga dikenal sebagai RTC baterai. Baterai CMOS terhubung langsung ke mainboard laptop dan membantu mempertahankan pengaturan penting BIOS seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS walaupun laptop dimatikan atau bahkan ketika baterai utama dikeluarkan.

Mainboard
Mainboard adalah salah satu komponen utama pada sebuah laptop. Semua komponen internal terhubung ke system board ini. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengganti mainboard suatu brand laptop dengan mainboard brand lain.

Processor
Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sebuah komputer laptop. Prosesor adalah salah satu komponen utama dalam laptop. Prosesor terhubung langsung ke mainboard melalui soket prosesor atau soket CPU.

Cooling Fan dan Heatsink
Cooling fan dan heatsink merupakan bagian dari cooling system pada sebuah laptop. Fan ini akan membantu mendinginkan heatsink dan akhirnya mendinginkan Chipset yang ada di Mainboard (termasuk Processor). Biasanya kipas pendingin CPU merupakan bagian dari heatsink dan terletak diatas logam heatsink dan logam inilah yang menyalurkan panas dari chipset.

RAM
Sebuah memori laptop yang juga dikenal sebagai RAM (Random-access memory) adalah penyimpanan data sementara. Ketika Anda mematikan laptop, semua informasi yang tersimpan dalam sebuah modul RAM akan hilang. Lebih banyak Memori yang diinstal ke laptop akan memberi Anda kinerja (lebih cepat) lebih baik.

Hard drive / harddisk
Kebanyakan laptop menggunakan hard drive 2.5″. Laptop yang lebih tua menggunakan IDE hard drive, laptop yang lebih baru menggunakan hard drive SATA. Drive SATA dan IDE tidak dapat dipertukarkan, mereka memiliki konektor yang berbeda. Jika laptop Anda menggunakan IDE hard drive Anda tidak dapat menggantinya dengan drive SATA. Konektor pada drive Anda tidak akan cocok dengan konektor pada motherboard.

CD/DVD-RW (Re-Writeable) Optical Drive
Drive CD/DVD berfungsi untuk membaca (Read) data audio video yang ada pada keeping CD/DVD, selain membaca hardware ini juga bisa digunakan untuk merekam/menulis (Write) ke dalam kepingan CD/DVD.

Video Card / VGA Card dan Port VGA
VGA adalah komponen laptop yang bertanggung jawab untuk menampilkan gambar pada layar laptop maupun pada keluaran proyektor (melalui Port VGA). Pada kebanyakan laptop, kini VGA Card diintegrasikan ke mainboard. Jika video card mengalami kerusakan, maka anda harus menggati semua motherboard.

Layar LCD 
LCD memiliki fungsi menampilkan gambar yang dihasilkan oleh kartu video laptop. Layar LCD ini menempel di dalam panel tampilan (display panel). Jika suatu saat tiba-tiba layar LCD anda pecah, maka layarnya harus diganti. Anda tidak dapat memperbaiki/memulihkan kembali atau memperbaiki layar LCD yang pecah.

Speaker dan Sound Card / Audio Port
Setiap laptop mempunyai bagian untuk menampilkan suara dapat berupa speaker atau soundcard. Pada kebanyakan laptop, sound card sudah terintegrasi ke dalam motherboard. Dengan kata lain, semua komponen input/output audio card, seperti kontrol volume, jack mikrofon, dan jack headphone ini merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari mainboard.

Port USB
Merupakan media input dan output biasanya di gunakan untuk USB mouse, Flash disk, usb modem, printer, dan lain sebagainya.

Keyboard
Pada laptop, keyboard adalah perangkat input utama. Ini merupakan interface antara pengguna dan laptop. Pada kebanyakan laptop keyboard terhubung langsung ke motherboard melalui kabel pita datar. Dalam wujudnya, keyboard menggunakan susunan tombol atau key, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau saklar elektronik. Meskipun pengembangan perangkat input alternatif, seperti mouse, touchscreen, pen devices, pengenalan karakter dan pengenalan suara, keyboard tetap perangkat yang paling sering digunakan dan paling serbaguna digunakan untuk langsung masukan ke dalam komputer.

Touchpad
Touchpad ini berfungsi untuk menggerakkan pointing device pada layar system operasi atau sama seperti mouse.Hanya saja Touchpad mudah digunakan karena penggunaanya hanya menggunakan sentuhan tangan.

Wireless Card
Wireless card atau yang lebih dikenal sebagai WLAN (Wireless LAN) adalah komponen yang membantu anda untuk dapat terkoneksi ke jaringan lokal maupun internet tanpa harus menggunakan kabel (Wireless).

Web Camera
Kebanyakan Laptop yang paling baru dilengkapi dengan kamera web yang juga dikenal sebagai webcam. Kamera web terletak di bagian atas panel layar. Beberapa orang berpikir kamera web adalah bagian dari layar LCD tapi sebenarnya tidak. Kamera web adalah komponen terpisah yang dipasang di dalam panel tampilan (display panel) di atas layar LCD.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Dan Bahan Pembuatan Biogas Sederhana

Pada tahap ini dilakukan pembelian peralatan yang dibutuhkan untuk membuat rektor ini, peralatan tersebut antara lain: Volume reaktor (plastik) : 300 liter Besi Siku, Mur & Baut : 10 buah Kompresor : 1 buah Pengaman gas (Regulator) : 3 buah Selang saluran gas : + 10 m Kebutuhan bahan baku : kotoran ternak dari 2-3 ekor sapi/ kerbau, atau 6 ekor babi. Roda : 5 buah Tabung LPG : 3 tabung ukuran kecil Rangkaian Elektrik Pada bagian ini dilakukan pembelian komponen elektronika yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian elektriknya, peralatan tersebut antara lain: Solder & Pasta Solder : 2 buah Cutter : 1 buah Multi Meter : 1 buah Bor PCB : 1 buah Gunting : 1 buah Tang Potong : 1 buah Penyedot Timah : 1 buah Timah : 5 buah Pemasangan Reaktor Biogas Serta Pembuatan Rangkaian Elektrik Pada pemasangan reaktor biogas dan pembuatan rangkaian elektrik ini adapun langkah – langkahnya antara lain sebagai berikut:   Pembuatan reaktor, menggunakan pla

Membuat Traffic Light 3 Simpang Menggunakan Aplikasi PLC Zelio

Perkembangan teknologi dari tahun ketahun selalu mengalami pengembangan, contohnya saja teknologi otomasi, atau system pengontrolan baik itu di industry maupun di rumah kita sendiri, mengontrol alat elektronik secara otomatis sudah bisa kita rangkai dengan mengunakan teknologi mikrokontroller, seiring perkembangannya. Ditemukanlah suatu teknologi yang paling sederhana dan mudah digunakan baik itu yang ahli maupun yang belum. Tekonologi otomasi ini sering disebut Programmable Logic Controller (PLC). Nah, sekarang kita akan mengaplikasikannya dengan mengontrol lampu lalu lintas (traffic light). Disini kita akan merancang traffic light 3 simpang seperti gambar dibawah ini.  Nah, gak perlu berlama-lama, kita langsung membuat rangkaiannya dengan menggunakan aplikasi PLC. Disini kita akan memakai PLC zelio. Langkah pertama buka aplikasi zelio yang telah terinstal pada laptop/PC anda seperti gambar dibawah. Klik “create new program” untuk memulainya Setelah mengklik “create new program”

Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air

cara membuat listrik tenaga air Listrik tenaga air - Listrik adalah kebutuhan yang sangat  dibutuhkan oleh semua manusia. Hampir semua manusia yang hidup di dunia ini menggunakan listrik untuk membantu kehidupan sehari-hari. Dengan adanya listrik maka saat ini kita bisa mendapatkan penerangan di malam hari. Serta banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh atas adanya listrik listrik itu sendiri, dari penggunaan yang membantu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga hingga sebagai sumber informasi dan alat komunikasi. Dibeberapa wilayah indonesia masih banyak daerah yang belum bisa menikmati manfaat dari listrik karena PLN sebagai pemasok listrik di indonesia masih belum bisa menjangkau daerah tersebut. khususnya di wilayah timur indonesia.   Guna memenuhi kebutuhan listrik di daera-daerah yang masih belum mendapatkan listrik dari PLN sebaiknya bisa membuat pembangkit sendiri secara sederhana. Ada banyak sekali pembangkit listrik yang bisa dijad